[SOSIOLOGI] Perubahan Sosial : Definisi, Karakteristik, Bentuk, Teori dan penyebab

perubahan sosial beserta penjelasan dari blog gus wildan
Didalam bab tentang perubahan sosial kali ini, ada 6 buah Kategori yang harus kalian mengerti, diantaranya adalah mengenai pengertian Perubahan Sosial, Karakteristik Perubahan Sosial, Bentuk-bentuk Perubahan Sosial, Teori Perubahan Sosial, Penyebab Perubahan Sosial, dan Faktor pendukung dan penghambat Perubahan Sosial. Langsung saja kita awali dengan Pengertian Perubahan Sosial.

1. Pengertian Perubahan Sosial

Apa yang dimaksud dengan perubahan sosial ? Ada banyak istilah yang digunakan untuk menggambarkan tentang pengertian tentang Perubahan Sosial. Dalam bidang yang berbeda, istilah-istilah atau arti yang didapatkan mungkin memiliki arti khusus dari golongan mereka sendiri, dan ada tumpang tindih di dalamnya untuk memastikannya. Ada berbagai pengertian dari berbagai ahli sosiolog seperti Bruce J. Cohen, David Berry, Herbert Blumer, Kingsley Davis yang bisa anda baca pada artikel Pengertian Perubahan Sosial menurut para Ahli.

2. Karakteristik Perubahan Sosial

Dalam perubahan sosial, sifat atau karakteristik tentu ada. Karakteristik merupakan sebuah pandangan sifat atau karakter yang terdapat didalam perubahan sosial. Karakteristik itu sendiri antara lain, seperti Universal (Perubahan sosial itu menyeluruh), Continuous (Terus Menerus), Inevitable (tidak bisa dihindari), Temporal (bersifat sementara) dan lain sebagainya. Untuk penjelasannya, anda bisa membaca pada artikel tentang Karakteristik dalam Perubahan Sosial.

3. Bentuk-bentuk Perubahan Sosial

Dari sumber yang saya dapat, ada berbagai macam-macam tipe ataupun bentuk pada perubahan sosial. Namun, dari kedua sumber tersebut mempunyai kemiripan yang sama, dan pada akhirnya saya memutuskan untuk mengambil dari penulis Fritz H.S Damanik.

Dalam buku yang ditulis oleh Fritz H.S Damanik terdapat 4 sub bentuk perubahan sosial, diantaranya adalah :
  1. Berdasarkan Kecepatan Berlangsungnya. (evolusi, revolusi)
  2. Berdasarkan Ukuran Perubahan. (kecil, besar)
  3. Berdasarkan Alasannya. (direncanakan, tidak direncanakan)
  4. Berdasarkan Sifat Perubahan. (Structural, Proccess)
Untuk penjelasannya, anda bisa membaca artikel pada Bentuk-bentuk Perubahan Sosial.

4. Teori-teori Perubahan Sosial

Berbagai ungkapan yang telah diajukan sepanjang sejarah untuk menjelaskan bagaimana perubahan sosial itu bisa terjadi masih terus berlanjut seiring berkembangnya jaman. Banyak sekali teori-teori sebelum pada abad kesembilan belas dari tokoh masyarakat yang mengaku dirinya adalah ahli sosiolog. Teori-teori ini pada prinsipnya bermaksud menelusuri penyebab dan menjelaskan bagaimana mekanisme berlangsungnya perubahan sosial. Dan berikut ini beberapa teori tentang perubahan sosial yang sangat direkomendasikan oleh para ahli, antara lain :
  1. Evolutionary Theory. (Evolusi)
  2. Revolutionary Theory. (Revolusi)
  3. Cyclical Theory. (Siklus)
  4. Economic Theory. (Ekonomi)
  5. Conflict Theory. (Konflik)
  6. Technological Theory. (Teknologi)
Selain 5 teori diatas, masih banyak teori lainnya yang mengenai tentang perubahan sosial, untuk penjelasan dan teori lainnya, anda bisa membaca artikel tentang Teori-teori lengkap tentang Perubahan Sosial.

5. Penyebab Perubahan Sosial

Perubahan sosial memiliki banyak penyebab. Penyebab yang mendorong terjadinya Perubahan Sosial ada dua macam, yaitu pengaruh dari dalam masyarakat itu sendiri (faktor internal) dan dari pengaruh luar masyarakat (faktor eksternal). Dalam 2 kategori tersebut, masih banyak sub kategori yang tidak bisa saya jelaskan disini. Namun anda bisa membaca artikel Lengkap tentang Penyebab dan Pengaruh Perubahan Sosial.

6. Faktor Pendukung dan Penghambat terjadinya Perubahan Sosial

Seperti pada Mobilitas Sosial, perubahan sosial juga harus mendapatkan faktor pendukung agar bisa terjadinya suatu perubahan seperti faktor penduduk yang heterogen, sikap saling menghargai, sistem pendidikan yang maju, dan sebagainya. Namun, disisi lain, juga ada faktor penghambat yang harus dihadapi oleh masyarakat, seperti kurangnya komunikasi antara masyarakat lain, masyarakat yang kurang maju, prasangka buruk, hambatan ideologis, dan sebagainya. Untuk penjelasan yang lebih intens tentang faktor pendukung dan penghambat terjadinya perubahan sosial, anda bisa membaca pada artikel Beberapa Faktor yang terjadi pada Perubahan Sosial.

Peraturan Berkomentar

  • Hindari berkomentar dengan menggunakan kata-kata kotor, Mengandung unsur SARA, pornografi berjualan dan sebagainya.
  • Usahakan berkomentar yang sesuai dengan isi topik.
  • Komentar yang menyertakan link hidup tidak akan ditampilkan dan akan dihapus oleh moderator.
  • Terima Kasih
Previous
Next Post »

0 Response to "[SOSIOLOGI] Perubahan Sosial : Definisi, Karakteristik, Bentuk, Teori dan penyebab"

Post a Comment