[SOSIOLOGI] Pengertian Perubahan Sosial menurut para Ahli

perubahan sosial menurut para ahli indonesia dan luar negeri
Permulaan dari suatu bab harus diawali dengan adanya pengertian. Tujuannya agar kita lebih mengerti serta merupakan suatu pendekatan ke bab yang akan kita dituju. Lantas apa saja yang harus kita persiapkan sebelum kita memahami pengertian Perubahan Sosial ini ? Yaitu adalah Niat. Niat adalah hal wajib, tanpa adanya niat, semua perbuatan yang telah kita lakukan akan menjadi sia-sia.

Perubahan Sosial secara sederhana dapat diartikan sebagai proses dimana dalam suatu sistem sosial terdapat perbedaan-perbadaan yang dapat diukur pada waktu tertentu. Perubahan sosial merupakan hal yang lazim bagi setiap manusia namun jika tidak dikelola dengan betul maka akan mengiming-iming kehidupan kontemporer (masa kini) baik itu orang awam maupun tidak pasti akan tergoda juga.

Arti dari istilah "Perubahan Sosial" akan bisa kita pahami dengan lebih seksama jika kita membahas beberapa definisi yang dirumuskan oleh para ahli sosiolog terkemuka. Berikut ini beberapa definisi yang dinyatakan oleh para ahli.

1. Perubahan Sosial menurut Kingsley Davis

Kingsley Davis berpendapat tentang Perubahan Sosial, yang berbunyi sebagai berikut.
“By Social change is meant only such alterations as occur in social organizations, that is, structure and functions of society.”
yang artinya : "Berdasarkan perubahan sosial yang dimaksud adalah perubahan yang hanya terjadi pada organisasi sosial, yaitu struktur dan fungsi masyarakat."

Dari pendapat Kingsley Davis tersebut, dapat disimpulkan bahwa Perubahan Sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.

2. Perubahan Sosial menurut H.T Mazumdar

H. T Mazumdar berpendapat, yang berbunyi :
“Social change may be defined as a new fashion or mode, either modifying or replacing the old, in the life of people or in the operation of society.”
artinya : perubahan sosial dapat didefinisikan sebagai fashion baru atau mode, baik memodifikasi atau mengganti yang lama dalam kehidupan orang atau dalam pengoperasian di masyarakat.

dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial digambarkan seperti fashion, perubahan sosial dapat diubah-ubah dan mengganti yang lama ke yang lebih modern dan juga diterapkan didalam kehidupan di lingkungan masyarakat maupun diluar lingkungan masyarakat(person).

3. Perubahan Sosial Menurut J.L Gillin dan J.P Gillin

“Social changes are variations from the accepted modes of life; whether due to alteration in geographical conditions, in cultural equipment, composition of the population or ideologies and whether brought about by diffusion or inventions within the group.” J.L Gillin & J.P Gillin.
Artinya : "Perubahan sosial adalah variasi dari mode atau cara-cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan kondisi geografis, dalam kebudayaan materil, komposisi penduduk atau ideologi, maupun disebabkan oleh difusi atau penemuan-penemuan baru dalam kelompok."

4. Perubahan Sosial Menurut Samuel Koenig

Samuel Koenig pernah berpendapat tentang perubahan sosial, sebagaimana :
“Social change refers to the modifications which occur in the life patterns of a people.”
artinya : "Perubahan sosial mengacu pada modifikasi (perubahan) yang terjadi dalam pola kehidupan seseorang."

Perubahan sosial ini menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia. Modifikasi-modifikasi tersebut terjadi karena sebab-sebab dari internal maupun sebab-sebab dari external.

5. Perubahan Sosial menurut MacIver and Page

MacIver mengemukakan seputar pendapatnya tentang perubahan sosial, yang berbunyi :
Maclver and Page, “Social change refers to a process responsive to many types of changes, to changes in man-made conditions of life, to changes in the attitude and beliefs of men and to changes that go beyond the human control to the biological and physical nature of things."
yang artinya :  Perubahan sosial mengacu pada proses responsif terhadap berbagai jenis perubahan, antara perubahan kondisi buatan manusia hidup, perubahan sikap dan keyakinan manusia dan perubahan yang melampaui kendali manusia pada hayati dan sifat fisik.

6. Perubahan Sosial Menurut Prof. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi

Perubahan sosial adalah segala perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk didalamnya nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

7. Perubahan Sosial Menurut Lundberg

Lundberg berpendapat bahwa perubahan sosial mengacu pada modifikasi dalam pola mendirikan hubungan antar manusia dan standar perilaku.

8. Perubahan Sosial Menurut Anderson dan Parker

Mereka berpendapat bahwa perubahan sosial melibatkan perubahan dalam struktur maupun fungsi dari bentuk sosial atau proses itu sendiri.

9. Perubahan Sosial Menurut Soerjono Soekanto

Mbah Soerjono berpendapat bahwa Perubahan sosial dapat dimaknai sebagai perubahan pada struktur sosial dan pola proses sosial.

10. Perubahan Sosial Menurut Soedjono Dirdjosisworo

Eyang Soedjono juga berpendapat tentang perubahan sosial, yang berbunyi :
"perubahan sosial dapat didefinisikan sebagai perubahan fundamental yang terjadi dalam struktur sosial, sistem sosial, dan organisasi sosial.

11. Perubahan Sosial Menurut Merrill dan Eldredge

Merrill dan Eldredge berpendapat "Perubahan sosial berarti bahwa sejumlah besar orang yang terlibat dalam kegiatan yang berbeda dari yang mereka atau nenek moyang langsung mereka terlibat dalam beberapa waktu sebelumnya."

12. Perubahan Sosial Menurut M. D. Jenson

M. D. Jenson berkata bahwa "Perubahan sosial dapat didefinisikan sebagai modifikasi dengan cara melakukan dan memikirkan orang."

13. Perubahan Sosial Menurut David Berry

Perubahan sosiala adalah perubahan pada struktur masyarakat, yang terjadi sebagai akibat dari perubahan dalam norma-norma sosial.

14. Perubahan Sosial Menurut Bruce J. Cohen

Perubahan sosial adalah suatu perubahan struktur sosial dan perubahan pada organisasi sosial.

15. Perubahan Sosial Menurut Herbert Blumer

Perubahan sosial merupakan usaha kolektif untuk menegakkan terciptanya tata kehidupan baru.

16. Perubahan Sosial Menurut William F. Ogburn

Ruang lingkup perubahan sosial meliputi unsur-unsur kebudayaan, baik yang materiil maupun yang immateriil, yang ditekankan adalah pengaruh besar unsur-unsur kebudayaan materiil terhadap unsur-unsur immateriil.

17. Perubahan Sosial Menurut Morris Ginsberg

"Berdasarkan perubahan sosial saya mengerti perubahan dalam struktur sosial, yaitu ukuran masyarakat, komposisi atau keseimbangan bagian-bagiannya atau jenis organisasi."

18. Perubahan Sosial Menurut Alvin Toffler

"Perubahan adalah proses di mana masa depan menyerang kehidupan kita."

19. Perubahan Sosial Menurut M E Jones

"Perubahan sosial adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan variasi, atau modifikasi dari setiap aspek proses sosial, pola sosial, interaksi sosial atau organisasi sosial."

Sumber-sumber

bagi anda yang ingin mengetahui berbagai sumber-sumber dari data diatas, anda bisa melihat berbagai referensi di :
  1. http://www.britannica.com/EBchecked/topic/550924/social-change/222904/Patterns-of-social-change
  2. http://sociology.about.com/od/Sociology101/tp/Major-Sociological-Frameworks.html
  3. https://scholar.google.co.id/scholar?q=definition+of+social+change+by+sociologist&hl=en&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart&sa=X&ei=6-VAVYSZLKO2mAWmwYCYCA&ved=0CBkQgQMwAA
  4. http://www.sociologydiscussion.com/sociology/theories-of-social-change-meaning-nature-and-processes/2364
Mohon maaf bila ada kata-kata yang salah, dan jangan lupa untuk menegur kepada moderator^^. Semangat Belajar !

Peraturan Berkomentar

  • Hindari berkomentar dengan menggunakan kata-kata kotor, Mengandung unsur SARA, pornografi berjualan dan sebagainya.
  • Usahakan berkomentar yang sesuai dengan isi topik.
  • Komentar yang menyertakan link hidup tidak akan ditampilkan dan akan dihapus oleh moderator.
  • Terima Kasih
Previous
Next Post »

0 Response to "[SOSIOLOGI] Pengertian Perubahan Sosial menurut para Ahli"

Post a Comment