Pengertian dan Cara mudah membuat Anchor Text (Backlink) SEO Friendly

IMAGE CREATED BY GUS WILDAN
Brother and Sister, bagaimana keadaanmu sekarang ? semoga baik-baik saja. Ngomong - ngomong, sudah mengertikah apa itu anchor text? dan apa gunanya buat SEO Friendly ? Secara hasil riset translate, pengartian Anchor text adalah teks jangkar. Masih belum paham ? hehe. Oke bro and sis, disini Gus Wildan akan menjelaskan semua tentang anchor text.


Mari disimak Ulasan tentang Anchor Text

# Sekilas Pengertian dari Anchor text

Anchor text adalah merupakan susunan kata - kata maupun kalimat deskriptif maupun tidak deskriptif, yang di khususkan untuk dipakai sebagai tautan (link) internal maupun tautan eksternal. Menurut saya, rata-rata penggunaan anchor text digunakan untuk penghubung ke artikel yang lainnya.
Tautan Internal sendiri merupakan tautan yang hanya menuju di dalam situs itu sendiri, intinya hanya di dalam situs. Sedangkan untuk Tautan Eksternal merupakan tautan yang menuju ke sebuah situs, intinya tautan tersebut keluar dari situs yang membuat link.

Dengan Penggunaaan anchor text yang dominan, sensitif serta deskriptif ini akan dapat membantu pengguna maupun pengunjung lebih efisien untuk menemukan informasi. Penggunaan ini juga dapat membantu Search Engine untuk menggolongkan, mengkategorikan informasi yang ada di situs kamu.
Anchor Text secara signifikan dapat meningkatkan relevansi (keterkaitan) pada halaman situs kamu. Dengan anchor text, bisa menjadikan situs kamu berada di halaman 1 pada Search Engine !
Sudah Pahamkan pengertiannya? mari kita lanjut ke bagian berikutnya.

# Cara Penggunaan Anchor text yang Bagus Untuk Optimasi

Penggunaan anchor text sendiri berbeda-beda, namun hanya ada beberapa yang relevan di mata search engine. Bagaimana cara membuat text anchor yang relevan itu ? Lihat contoh berikut ini guys :


Satu kalimat di atas tersebut merupakan sebuah anchor text. Kata-kata Blogger tips Untuk Pemula merupakan keterkaitannya pada situs tersebut. Inilah yang bisa disebut relevan. berikut ini saya bagikan versi codenya , buat jaga-jaga bila kamu menggunakan anchor text pada komentar.


<a href="http://guswil.blogspot.com/">Blogger tips Untuk Pemula</a>

Keterangan :
http://guswil.blogspot.com/ = ganti dengan situs / blog sobat.
Blogger tips Untuk Pemula = ganti dengan deskripsi yang terkait dengan situs kamu. 


# Tips Anchor Text : Yang dapat meningkatkan kualitas SEO


  1. Tetap jaga keterkaitan (relevan)
    Hal yang paling penting dalam membuat text anchor adalah ke-relevanan. Jika link tersebut mempunyai text yang searah dengan situs/blog tersebut, kemungkinan besar bisa mempercepat search engine dalam memahami isi blog/situs kamu. Jika kamu memanipulasi link, maka sama saja kamu sudah berbohong di publik serta google hanya akan menganggap link tersebut adalah SPAM.
  2. Link ke website ternama yang sudah di percayaWebsite yang sudah di percaya oleh Google, Bing dan lainnya, tentunya website tersebut memiliki kualitas yang sempurna di mata search engine. Hal inilah yang bisa di manfaatkan bagi para blogger untuk mendapatkan backlink. Seperti hal-nya situs .GOV, .EDU, forum, situs - situs informasi (berita), jual beli dan lain-lainnya. Semua bersaing hanya demi mendapatkan backlink yang berkualitas. Namun jangan lupa, relevan adalah hal yang paling utama.
  3. Jangan remehkan Link Internal !
    Dari sekian banyaknya para blogger, link internal pun masih dipergunakan demi meningkatkan kulalitas seo mereka. Namun apa jadinya jika link tersebut hanyalah link dengan deskripsi yang tidak relevan? Maka Google hanya akan menganggap link tersebut sebagai SAMPAH. Para Pakar SEO menamai hal ini dengan sebutan Generic Anchor Text. Maka perhatikanlah betul-betul dalam membuat link internal ke situs sendiri. Susunlah dengan serapi mungkin. Semakin rapi penataan link internal, semakin cepat juga google merayapi link-link kamu !
  4. Satu Link membentuk deskripsi berbagai variasi ? Terapkan sekarang juga !
    Maksud saya disini adalah Jika saya menambahkan 2 internal link yang sama pada 1 artikel, tapi deskripsi dari 2 internal link juga harus berbeda dan harus tetap Relevan. Begitulah yang dinamakan link variasi. Kamu bisa menggunakan judul artikel maupun nama blog kamu, yang terpenting adalah relevanisasi.


Pengumuman ! 
Seiring Updatenya Google Panda,  Google telah merubah pemikiran tentang anchor text. Google akan mengurangi persentase SEO untuk anchor text. Ini di sebabkan, anchor text terlalu mudah untuk dimanipulasi. Baca berita selengkapnya tentang Search Engine Journal : Good Bye Anchor Text, Welcome Co-Citations: Revolution in Link Building for 2013 Revealed.
Namun, jangan ragu-ragu, meskipun mengurangi kualitas SEO, tetaplah membangun link yang terbaik dengan anchor text. Kemungkinan besar google juga akan memberikan kita peluang jika kita mau berusaha. hehe. Jangan lupa share artikel ini ya!

Peraturan Berkomentar

  • Hindari berkomentar dengan menggunakan kata-kata kotor, Mengandung unsur SARA, pornografi berjualan dan sebagainya.
  • Usahakan berkomentar yang sesuai dengan isi topik.
  • Komentar yang menyertakan link hidup tidak akan ditampilkan dan akan dihapus oleh moderator.
  • Terima Kasih
Previous
Next Post »

0 Response to "Pengertian dan Cara mudah membuat Anchor Text (Backlink) SEO Friendly"

Post a Comment