Inilah Cara agar Menjadi Seorang Blogger Professional

Menjadi yang terbaik di antara yang terbaik memang gampang-gampang susah. Apalagi ditambah dengan adanya berbagai halangan yang mendatangi kita. Sama halnya blogger sob, meskipun dianggap remeh oleh orang-orang yang tidak mengerti baik buruknya dunia maya yang sesungguhnya lebih kejam ini. Tapi janganlah patah semangat, kita sebagai blogger juga harus mengerti keadaan di dunia nyata maupun di dunia maya.

Kita para blogger Indonesia jangan sampai terkecoh oleh para blogger yang ecek-ecek yang tidak mau usaha keras, yang tidak mempunyai prinsip, pinginnya cuma cepet dapet dollar setelah itu njaluk RABI !. Blogger seperti inilah yang hanya membuat sampah di Google.

Menjadi Blogger yang baik, proffesional dan dilakukan dengan kebersamaan akan terasa mudah. Rasakan saja seolah-olah kita sedang berkumpul di sebuah tempat dan bersama-sama dengan blogger lainnya.

Jika kamu ingin bersaing di Mata Search Engine, ingat pesan para blogger sejati :

Blogger itu Mempunyai arah Tujuan

Arah tujuan dimana seorang blogger tentunya juga harus di pertimbangkan. Jika kamu tidak mempunyai tujuan dari awal, buat apa kamu membuat blog ? Upayakan kamu juga harus termotivasi, entah itu dari Orang tua, Mario Teguh ataupun kekasih.

Tujuan yang mana akan kamu capai ? Sukses kah ? Terkenal kah ? Atau hanya sekedar keinginan saja. Jangan ragu dan jangan banting setir jika tujuanmu itu sulit di capai, semua itu adalah masa-masa sulit kita menuju kesuksesan nanti.

Blogger Sejati selalu Hindari Copy Paste

Copy paste ? udah tidak jamannya bro. Males nulis ya ? Gak punya ide ? Makanya tentukan dengan benar niche blog kamu. Masih ada peluang bagi kamu yang belum sampai menjadi blogger sejati. Dan jangan lupa sering membaca artikel-artikel yang berkaitan dengan blog kamu.

Copy paste memang solusi bagi para blogger yang males nulis artikel, dampak negatifnya, pihak google juga akan males mengindeks artikelmu bahkan artikelmu tidak akan nongkrong di Search Engine. Luangkan waktumu untuk sedikit membaca, jika perlu, gunakanlah pelajaran tentang 5W + 1H. Buatlah beberapa pertanyaan terlebih dahulu, dan baru kita cari apa yang kita butuhkan nanti pada saat kita akan membungkus 5W + 1H itu dengan artikel kita.

Blogger Sejati itu jarang SPAM

SPAM yang dilakukan secara terus menerus akan memberikan efek buruk bagi blog yang kita kelola. Pasalnya, sudah ada cara khusus yang digunakan agar terhindar dari amukan Google nantinya. Mungkin, kita tak pernah menyadari bahwa link yang bertubi-tubi kita lontarkan ke facebook, twitter, google+ dan lainnya itu sudah merupakan wujud dari Spamming. Ada yang berkata, bahwa itu cara alternatif untuk mendapatkan banyak visitor. SALAH BESAR BRO !!

Visitor original adalah visitor yang asli dari Search Engine, karena itu merupakan kemauan. Jika kamu menyebarkan link di berbagai sosmed, itu sama saja kamu menyuruh orang untuk mengklik blog kamu. Ngerti ?

Untuk terhindar dari spamming, pihak sosmed sendiri sudah membuat tempat tautan khusus untuk kamu. Enak kan ? Jadi kita gak usah repot repot untuk membagikan link kesana-kemari. Contohnya saja Facebook, kamu bisa mencantumkan situs maupun blog kamu pada bagian ABOUT, dan untuk fanspage kamu juga bisa mencantumkan link blog kamu.

Blogger Sejati itu selalu Menjaga Kerelevanan

Mengertikah kamu tentang kerelevenan ? Yups, suatu keterkaitan antara satu dengan yang lainnya, disebut relevan. Menjaga suatu kerelevanan suatu artikel memanglah membutuhkan pikiran yang matang-matang dan tidak harus asal buat artikel.

Selain artikel, blogger sejati juga memberikan komentar kesesama blogger yang relevan. Susah cari kata-kata ? mungkin kamu hanya membaca dan tidak pernah ada praktek sama sekali. Dari pertama kali saya memulai blogging, saya juga tidak bisa membuat kata-kata yang relevan, yang saya ucapkan hanyalah kata-kata seperti ini :
Nice gan, sangat bermanfaat, keren gan, mantap gan, pertamax, jangan lupa kunbalnya ya gan.
Begitulah dan terus begitu, hingga akhirnya pun saya pernah di ceramahi oleh seorang master, Berpikirlah Dewasa.

Jadi, saat itulah saya jarang menggunakan kata-kata tersebut karen saya juga ingin blogger Indonesia ini bisa berkomunikasi agar mereka tidak tersesat.

Jati Diri Blogger : Percaya Diri dan Konsisten

Percaya diri dan konsisten selalu diremehkan, padahal ini merupakan hal yang wajib ada di setiap manusia, agar mereka supaya mempunyai tujuan kelak kedepannya. Lalu bagaimana kita haru mengawali jati diri tersebut ?

Tips Agar kamu lebih Percaya diri pada saat akan bersaing

Kamu selalu bertanya-tanya apakah artikel kamu masuk page one atau bahkan page terakhir ? Hal ini yang membuat kamu pasrah dan tidak akan memperbarui artikelmu. Seorang blogger sejati  akan terus mengedit artikel tersebut agar bisa mendapat peringkat teratas. Mungkin bagi kamu jarang sekali mengedit artikel-artikel yang telah lampau. mungkin dikarenakan hal-hal seperti berikut :
  1. Artikelnya sudah basi
  2. Saingannya berat
  3. Visitornya dikit
  4. Terlalu gampang
Ini merupakan suatu penyimpangan blogger. hehe. Justru buat kamu yang masih dalam tahap awal hendaknya jangan membuat artikel yang mempunyai saingan kelas kakap. Terlebih dulu, buatlah artikel-artikel unik yang hanya anda punyai, tidak ada orang lain yang mempunyainya. 
Bagi saya, memiliki artikel lampau sama saja artikel baru asalkan artikel itu masih tetap fresh dan mempunyai keoriginalitas. Tips ini yang harus kamu lakukan pada saat akan bersaing :
  • Lakukan sebuah penelitian keyword ( research keyword ) yang akan kamu kembangkan.
  • Lihatlah seberapa banyak sainganmu.
  • Tengok satu-persatu artikel tersebut, kalau bisa dibaca ya.
  • Mulailah membuat pertanyaan 5W + 1H. (Jika perlu)
  • Jalan-jalan di blog bule untuk mendapatkan informasi yang baru dan belum ada di Indonesia.
  • Kembangkan dengan gaya bahasamu sendiri.
Itulah yang hanya bisa saya lakukan pada saat saya akan bersaing di SERP.

Tips Buat kamu agar tetap Konsisten

Sering bergonta-ganti pasangan juga merupakan ketidak konsistenan dalam memilih pasangan. Mungkin dikarenakan pasangan tersebut buruk rupa, atau kurang sholeh. Konsistensi juga harus diterapkan pada jati diri seorang blogger.

Selalu merubah-rubah template, ini juga merupakan hal yang wajar bagi seorang pemula, namun untuk yang sudah professional dan mengerti apa itu konsisten, pasti dia tidak akan bergonta-ganti template. 

Merubah-rubah pola konten blog juga merupakan ketidak konsistenan, ini malah akan menjerumuskan blog kita ke tong sampah, ini sudah merupakan hal yang tidak wajar.
Lalu bagaimana caranya agar kita tetap konsisten ?

  • Jangan Berpikir negatif ( Pesimis )
  • Jangan sampai keluar jalur
  • Meminta saran dari orang lain
  • Mempunyai motivasi diri
Untuk penjelasan mengenai hal di atas, anda bisa langsung membaca artikel : Blogging tips : Tetap Konsisten Untuk mencapai tujuan.

Jadi Blogger apa Jadi CCTV ?

Maksudnya, jadi blogger janganlah hanya melihat, tapi juga ikutlah berinteraksi, bergabung sesama blogger lainnya. di dunia maya saja sudah malu, bagaimana kehidupannya di dunia Nyata ?

Kamu malu untuk di bully ? Jauh lebih baik mana dibully di dunia nyata atau di bully di dunia maya ? Sama saja Siih, :v tapi menurut saya masih sakit di bully di dunia nyata ( Pengalaman :v ).
Jadi, marilah kita sama-sama menghindari rasa malu ini dengan saling berinteraksi, bertanya-tanya yang seadanya dan yang sejenisnya.

Blogger Indonesia itu harus mengerti SARA

Maraknya budaya-budaya, suku-suku Indonesia yang beraneka ragam,dan juga ada berbagai agama yang masuk di Indonesia beraneka ragam,tapi  peluang untuk saling menghina pun juga semakin bertambah. Saling mencaci maki, saling menghina, bahkan saling sesat-menyesatkan. Oh Indonesiaku tercinta, betapa pilunya engkau. Kasus ini supaya harus di antisipasi lagi.

 Dan menurut penelitian saya di berbagai blog, saya sangat salut pada blogger Indonesia, karena di atas kolom komentar ada sebuah pesan bahwa sebelum komentar harap membaca notifikasi tersebut.
Dilarang Menghina Suku, Agama, Ras dan Antargolongan
Inilah yang sudah diterapkan oleh sebagian para blogger Indonesia. (Beri tepuk tangan) :v .

Hal ini juga harus di terapkan di dunia nyata mulai dari sekarang juga!

Ini hanya Gus Wildan sampaikan, mungkin akan ada tambahan di lain waktu. Saya minta maaf jika ada kata-kata saya yang kurang berkenan di hati pemirsa. ^_^ KEEP BLOGGING..

Peraturan Berkomentar

  • Hindari berkomentar dengan menggunakan kata-kata kotor, Mengandung unsur SARA, pornografi berjualan dan sebagainya.
  • Usahakan berkomentar yang sesuai dengan isi topik.
  • Komentar yang menyertakan link hidup tidak akan ditampilkan dan akan dihapus oleh moderator.
  • Terima Kasih
Previous
Next Post »

2 Responses to "Inilah Cara agar Menjadi Seorang Blogger Professional"

  1. Betul, Betul-betul harus diketahui oleh para blogger iku sip, nice article :)

    ReplyDelete