Antara Gamers VS Blogger

pilih gamers apa blogger ?

Di saat saya sedang suntuk membuat artikel, tiba-tiba terlintas di kepala saya untuk membuat uneg-uneg tentang gamers vs blogger. Meski tidak seberapa penting, namun artikel ini saya harap juga bisa dijadikan motivasi ataupun hanya sekedar referensi saja. Artikel ini berdasarkan dari pengalaman saya sendiri, di saat-saat saya suka nge-game maupun di saat-saat saya suka nge-blog. Langsung kita mulai dari Game terlebih dahulu.

GAME, GAMING, GAMERS


Menurut hasil survey sebagian dari orang yang sudah dewasa, Game merupakan hiburan disaat kita merasa boring, disaat kita tidak ada jam kerja, maupun disaat kita merasa sibuk. Game adalah salah satu gejala sosial yang tidak akan ada habisnya. Apalagi, teknologi masa kini semakin canggih, bahkan sekarang untuk main game online saja tidak usah lagi datang ke warnet. Hanya dengan bekal smartphone saja, semua orang bisa bermain game online.

Namun, dimata anak-anak, game merupakan sebuah aktivitas yang wajib dilakukan dan harus ditaati. Kenapa bisa ? Nah, jika anda pernah bermain game online, pastinya akan ada event-event menarik. Inilah yang sudah ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Event inilah yang membuat anak-anak merasa betah nge-game setiap hari. Selain event, ada juga pembaruan game-game, ini semakin membuat penasaran oleh anak-anak.

Pengalaman yang telah saya rasakan disaat saya masih nongkrong di kelas 1 SMP, ternyata benar, game merupakan hal yang wajib dilaksanakan, jika tidak, kita akan ketinggalan event-event berhadiah menarik dan membuat kita merasa gengsi dengan teman-teman gamers. Awal pertama main game online, pertama yang saya mainkan adalah game yang bengenre FPS ( First Person Shooter) yakni adalah Point Blank. Yang saya rasakan ketika bermain game ini adalah mendebarkan, seperti kita sedang dalam berperang yang sesungguhnya. awalnya, saya masih kurang suka dengan game ini. Namun, ketika saya pergi ke warnet, game ini sudah tidak asing lagi dimata para gamers, Bahkan hampir satu warnet memainkan Game Point Blank. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pun memainkannya.

Penataan warnet pun juga berubah derastis. Mulai dari tiap kamar 1 PC tertutup menjadi terbuka semuanya. Ditambah lagi penghilangan headshet dan di ganti dengan sound box, menjadikan saya semakin jedar-jeder. Saya pun tidak ingin ketinggalan dengan teman-teman saya, dan akhirnya saya memutuskan untuk nge-game di warnet. 1 Tahun berlalu, sayapun semakin menjadi-jadi dengan game ini. Keinginan untuk membeli cash (fiturnya seperti token pulsa yang digunakan pada game Point Blank ) juga semakin besar. Hingga akhirnya, saya mengakhiri game ini dikarenakan suatu hal.

Saya akhirnya bisa berhenti memainkan game ini, dikarenakan penyakit yang menimpa tangan saya, yaitu Scabies. Penyakit ini sangat menyiksa saya. Bentuk dari penyakit ini adalah melentung, yang isi didalamnya adalah nanah. Di tambah lagi rasa sakit yang tidak tertahankan. Baunya pun menyengat. Kata dokter, penyakit ini bisa menular. dan katanya, penyakit ini di sebabkan ada virus scabies yang tertempel di keyboard yang saya gunakan saat bermain online. Namun, saya berpikir lain, penyakit ini merupakan azab saya karena keseringan saya nge-game siang malam, hingga lupa dengan keadaan dirumah.

Namun, ada beberapa hal positif yang saya dapatkan dari bermain game, yakni :

Game dapat menjalin kerja sama antar pemain/team

Dengan dibuatkannya fitur sebuah kelompok-kelompok atau clan dalam game, ini dapat menjadikan kita saling mengenal, bersosialisasi, dan kerja sama untuk membangun clan. Di tambah lagi, jika ada suatu team yang bisa memenangkan pertandingan, akan mendapatkan hadiah, karena kekompakan dalam team.

Mengerti bahasa Inggris melalui penggambaran

Yap ! Hampir semua game menggunakan bahasa inggris, entah itu banyak atau sedikit. Dengan adanya bahasa inggris yang di ungkapkan melalui sebuah gambaran, ini juga bisa membuat sebuah anak menjadi bisa berbahasa Inggris. Contohnya, pada game yang saya mainkan Point Blank, terdapat kata bahasa inggris yang dulu tidak saya ketahui, yakni adalah Inventory. Dalam inventory terdapat lagi bahasa inggris yakni weapon, character, item dan lain-lainnya. setelah weapon di klik, didalamnya terdapat berbagai senjata-senjata yang tersedia. Ini merupakan sebuah penggambaran tentang apakah arti weapon itu. Jadi, anak-anak bisa mengartikan weapon dengan melalui sebuah gambaran.

Game dapat memunculkan cita-cita yang ingin digapai

Melihat anak-anak bermain game adalah hal yang wajar. Anak akan merasa tenang dengan bermain game kesukaannya. Dari game kesukaannya itu, anak dapat berpikir, "jika aku sudah besar, aku mau menjadi .................... seperti yang ada di game". Anak akan melakukan peran perilaku seperti yang akan dimainkan dalam gamenya, mulai dari suara dalam game ditirukan hingga tingkah lakunya juga ditiru. Inilah mengapa game harus selalu mengikat pada anak-anak.

Nah, bagaimana ? tapi masalah yang tidak bisa diatasi bagi anak-anak adalah membagi waktu. untuk selanjutnya mari mengenal pengalaman saya tentang dunia blogger.

BLOG, BLOGGING, BLOGGER

Blog merupakan sebuah platform yang dibuat oleh si raja besar search engine, Google. Dengan membuat platform blogspot, google berharap yang bisa menjadi raja di search engine adalah para blogger. Meski dengan platform gratisan, namun untuk performa di mesin pencari, blogspot layak menempati urutan pertama pada hasil pencarian.

Tak hanya dari itu, para blogger pun juga bisa mendapatkan penghasilan dari blog yang telah dibuat itu. Google Adsense, itulah namanya. Namanya sudah tidak asing lagi di telinga para blogger. Google adsense merupakan layanan yang bisa didapatkan hanya dari blogger yang bertujuan untuk mempublishkan iklan. Pendaftaran akun Adsensepun tidak semudah menembak hati perempuan, bahkan ada sampai yang frustasi karena tidak diterima oleh adsense. Saya sendiri sudah ditolak sampai 5 kali. Apakah mungkin karena faktor FACE ? -_- aahh Sudahlah.

Pengalaman saya membuat blog adalah ketika saya sudah sembuh dari penyakit tersebut. Saya ingin mencoba hal yang baru, yakni membuat sebuah blog. Awalnya, saya terkesan dengan para blogger, dan saya bertanya "kenapa kok artikel kamu berada diposisi atas terus ? Gue bosen liat blog kamu". 2 hari setelah itu pertanyaan saya di jawab hanya dengan satu kata yaitu "SEO". Saya bertanya lagi, "opo maneh iku seo ? -_-". Dan si admin pun tidak menjawab. lalu saya coba browsing sendiri tentang apa itu seo. dan ternyata seo adalah merupakan sebuah upaya optimasi bagi para blogger untuk menempati posisi pertama mesin percari. Saya pun mengabaikan dan kembali membuat blog.

Dulu keinginan saya membuat blog yakni bisa terkenal di dunia maya (ngaco lu :v). Meski agak berasa gila, saya terus niatkan keinginan saya tersebut. Pada saat pertama membuat artikel, kata-katanya hanya berjumlah kurang dari 100 kata. Lantas saya langsung membagikan artikel itu keberbagai jejaring sosial. Dan hasil pengunjungnya lumayan drastis untuk artikel pertama saya. Setelah itu, saya semakin update untuk membuat artikel sebanyak-banyaknya. Dan hasilnya pun memuaskan.

Ada beberapa hal-hal positif yang saya peroleh dari ngeblog, yakni :

Memperoleh Wawasan

Jika kalian sering berselancar mencari-cari artikel,  tak sadar anda telah terbawa artikel yang bukan anda tuju dikarenakan artikel tersebut menarik perhatian anda. Lantas anda mengabaikan tujuan utama tadi. Nah, disitu karena rasa ingin tahu, menjadikan kita membaca berita-berita terbaru dan kita akan semakin up to date.

Belajar Bahasa Indonesia yang baik dan benar

Buat anda blogger baru, tak jarang dari artikel pertama kali anda pasti bahasa banyak yang kurang baik dan benar, sama halnya dengan saya. Namun jika anda terus membaca dan terus berlatih membuat artikel, maka akan secara otomatis tata cara bahasa anda akan baik dan sesuai.

Bersosialisasi dengan blogger lainnya

Setelah anda mempublishkan artikel anda, pasti anda akan mempromosikan artikel anda tersebut agar di lihat banyak pengunjung, mulai dari saling koment, saling share dan sebagainya. Ini juga merupakan keuntungan bagi kita karena selain dapat banyak pengunjung, kita juga bisa berdiskusi dengan blogger lainnya secara online.

PERBANDINGAN GAMER VS BLOGGER

Dari kedua kegiatan yang pernah saya alami, ternyata mempunyai beberapa kemiripan, baik dari segi positif maupun dari segi negatif. Oleh karena itu mari kita koreksi bersama.
  1. Blogger dan gamers sama-sama menatap layar PC
  2. Blogger dan gamers sama-sama belajar tentang bahasa
  3. Blogger dan gamers sama-sama menjalin kerja sama
Intinya, kedua pihak tersebut mempunyai tujuan yang sama, yaitu sama-sama menuju keposisi teratas!

Mungkin itu saja uneg-uneg dari saya, bagi anda yang mungkin kurang sependapat dengan punya saya mungkin bisa kita diskusikan bersama.

Peraturan Berkomentar

  • Hindari berkomentar dengan menggunakan kata-kata kotor, Mengandung unsur SARA, pornografi berjualan dan sebagainya.
  • Usahakan berkomentar yang sesuai dengan isi topik.
  • Komentar yang menyertakan link hidup tidak akan ditampilkan dan akan dihapus oleh moderator.
  • Terima Kasih
Previous
Next Post »

0 Response to "Antara Gamers VS Blogger"

Post a Comment